Demi Uang , Gadis Cantik Ini Rela Melakukan Ini, Semua Orang Gemetar Melihatnya

Kartini namanya Harum. Inspirator perjuangan Kaum Perempuan di Indonesia. Yang sering dikaitkan dengan kesuksesan. Misal, mampu menduduki j...

Kartini namanya Harum. Inspirator perjuangan Kaum Perempuan di Indonesia. Yang sering dikaitkan dengan kesuksesan. Misal, mampu menduduki jabatan politis dan cemerlang dalam karir.  Namun itu tidak semua. Seperti mereka yang membanting tenaga menjadi buruh kuli bangunan


SUTAMI, Pontianak

Proyek pembangunan rumah toko (ruko) di Jalan Perdana depan Bali Agung III Pontianak sedang berlangsung proses pengerjaannya. Tumpukan material bangunan banyak terlihat disana. Demikian pula aktifitas para buruh kuli bangunannya.

Alat bangunan seperti sekop menjadi teman bagi mereka. Hampir setiap hari para pekerja berhubungan dengan perkakas itu, kecuali hari Minggu. Intinya akan berhenti total jika pekerjaan sudah selesai dan bangunan sudah kokoh berdiri.

Jika melihat kuli buruh bangunan  dalam proyek itu ada sesuatu berbeda. Sebab, secara umum pekerjaan kuli bangunan biasa identik dengan kaum pria. Namun ini tidak. Setidaknya ada 13 kaum perempuan ikut bekerja disana. Dengan kewajiban pekerjaan yang sama. Misal menghampar batu dan mengecor.

Semua dilakukan atas keinginan pribadi. Penyebabnya adalah  tuntutan ekonomi yang harus ditutupi. Menyambung dapur di rumah  biar tetap bisa mengepul dan pendidikan anak tidak terbengkalai. Membanting tulang dan melakukan pekerjaan berat sudah seperti konsekuensi yang harus dijalani.

Maka, nekat menjadi buruh kuli bangunan bukan karena terinspirasi perjuangan Kartini. Melainkan sepenuhnya panggilan keadaan. Sebab mereka mengaku tidak kenal dengan Kartini . Apalagi harus menyibukkan diri memperingati Hari Kartini dengan berkebaya lengkap. Sesuatu hal yang tidak mungkin. Justru dianggap bisa menghilangkan pendapatan, karena gaji mereka dihitung berdasar sistim harian.

''Anak Saya tujuh. Sudah pisah dengan suami. Mau apalagi kalau tidak bekerja. Bekerja jadi buruh kuli bangunan pastinya bukan keinginan bagi seorang perempuan atau Saya sendiri sekalipun,'' kata Radiah (38), ditemui disela bekerja mengangkut batu.

Menjadi kuli bangunan hampir setahun terakhir dijalani Radiah. Pengalamannya sudah dibanyak tempat. Tapi masih sebatas di kawasan Kota Pontianak, seperti di Purnama dan Villa Gading Sepakat.

Radiah mengawali bekerja menjadi kuli bangunan sepenuhnya karena ajakan teman. Yang awalnya sempat berfikir ulang menerima tawaran tersebut. Alasannya, takut tidak mampu dengan beban kerja berat. Namun setelah dijalani mulai terbiasa. Dengan mendapat upah harian senilai Rp. 50 ribu.

Tapi upah yang didapat tidak diterima utuh. Karena harus menyisihkan biaya transportasi sebesar Rp. 7000 setiap harinya. Mengingat kediaman dan lokasi kerja cukup jauh. ''Rumah saya di Arang Limbung. Pukul 05.30 sudah berangkat dari rumah. Kalau jam kerjanya sampai pukul 16.00,'' kata Radiah.

Radiah tidak sendirian. Lusiah Aka (36) juga terpaksa memilih menjadi kuli bangunan. Mantan buruh pabrik Benua Indah ini bahkan mengaku pernah menghampar batu untuk pembangunan di Bandara Supadio.

Pekerjaan yang semula dianggap terlampau berat bagi kaum perempuan. Tapi keadaan yang memaksanya harus memilih. Apalagi dia sangat tidak menginginkan pendidikan kedua anaknya harus terputus karena kendala biaya. ''Suami saya kerja jadi buruh Sawit di Bengkayang,'' katanya.

Lusiah sendiri tidak bisa memastikan kapan berhenti menjadi kuli buruh bangunan. Tapi  akan memilih  tetap bekerja selama badan masih sehat. “Selama mampu.  Tetap bekerja. Tidak tahu kapan berhenti,” katanya. (**)       

 
Nama

aktual,125,berita,346,gayahidup,6,hukum,35,humor,3,info menarik,110,inspiratif,4,kasus,9,kecantikan,3,keluarga,2,kesehatan,11,khasanah,1,kisah,32,kontroversi,22,kriminal,14,luar negri,1,mistik,9,motivasi,1,movis,1,opini,1,peristiwa,51,politik,137,ponsel,1,psikologi,1,sejarah,12,selebretis,7,sport,1,tips,34,unik,51,
ltr
item
MAPP NEWS: Demi Uang , Gadis Cantik Ini Rela Melakukan Ini, Semua Orang Gemetar Melihatnya
Demi Uang , Gadis Cantik Ini Rela Melakukan Ini, Semua Orang Gemetar Melihatnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7g0CfSznut7SdTAYwWaHXtcd5Fpw-SZYA19TBuKjdQ0_fyV-28vneiXGNH5rZXShy-YHhIZGSdaI4lgrEKD2PlMfuwQF-GxUECELLH0gTUTxdd_yaFKIMpkuy19D8zqrmyvBSmR_htOo/s640/sds.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7g0CfSznut7SdTAYwWaHXtcd5Fpw-SZYA19TBuKjdQ0_fyV-28vneiXGNH5rZXShy-YHhIZGSdaI4lgrEKD2PlMfuwQF-GxUECELLH0gTUTxdd_yaFKIMpkuy19D8zqrmyvBSmR_htOo/s72-c/sds.png
MAPP NEWS
https://mapnews7.blogspot.com/2017/02/demi-uang-gadis-cantik-ini-rela.html
https://mapnews7.blogspot.com/
http://mapnews7.blogspot.com/
http://mapnews7.blogspot.com/2017/02/demi-uang-gadis-cantik-ini-rela.html
true
2443697819229552469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy