Penemuan Menggemparkan Diduga Sebuah Candi Lebih Tua dan Besar dari Candi Borobudur

MAP NEWS, PURWOREJO  – Susunan batu menyerupai candi ditemukan di bekas lokasi longsor di Dusun Makamdowo, Sidomulyo, Purworejo. Belum d...


MAP NEWS, PURWOREJO – Susunan batu menyerupai candi ditemukan di bekas lokasi longsor di Dusun Makamdowo, Sidomulyo, Purworejo. Belum diketahui pasti apakah benar sebagai bangunan bekas candi atau hanya susunan batu saja.
Lokasi susunan batu di hutan berbentuk perbukitan dengan kemiringan hampir 90 derajat itu berada di Hutan Pajangan. Konon di lokasi itu juga masih tersimpan arca berbentuk orang dari perunggu yang berada di sisi utara bukit.
Salah seorang warga, Slamet, 46, warga RT 2 RW 6 Desa Sidomulyo mengaku tidak bisa memastikan lokasi itu dulunya adalah candi. Setahunya, hanya susunan batu yang ada sejak dulu dan tertimbun tanah.
”Kalau dikatakan candi, saya tidak bisa memastikan. Tapi memang di lokasi itu dikenal warga sebagai tempat yang agak keramat,” kata Slamet kepada Radar Jogja, kemarin (14/8).

Sebagai perbukitan batu, di Bukit Pajangan selama ini memang tidak bisa ditanami tanaman keras. Hanya rerumputan dan tanaman kecil lain yang tumbuh. Oleh warga, di lokasi itu dijadikan tempat merumput untuk kebutuhan ternak mereka.
Slamet mengatakan, susunan batu itu ditemukan memanjang di sekitar bukit. Di sana juga ada arca yang berada sekitar 200 meter dari lokasi yang terlihat seperti candi di bagian utara. ”ulu memang pernah terlihat dan coba diambil, tapi tidak bisa,” jelasnya.
Sebelum ada bencana longsor beberapa waktu lalu, susunan batu tidak terlalu terlihat dan hanya warga sekitar yang mengetahui di lokasi itu ada susunan batu dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Terlanjur biasa, warga tidak pernah berpikiran jika ada kemungkinan candi di tempat itu.
Pantauan Radar Jogja di lokasi, batuan yang terlihat memang berbeda dengan batu kali biasanya. Bentuk batu yang sebagian terlepas dari susunannya terlihat berbentuk kotak rapi. Khusus di batu yang masih tersusun, tidak terlalu tampak susunan dengan tegas. Hanya terlihat ada sekat-sekat seperti bekas tumpukan.
Kepala Desa Sidomulyo Marwoto juga belum berani memastikan jika di Bukit Pajangan itu merupakan bekas candi yang tertimbun. Namun pengalamannya bekerja di Museum Nasional Jakarta, ada perbedaan antara batu candi dengan batu sungai.
”Jelasnya masih perlu penelitian mendalam. Tapi sekilas melibat bentuk batu memang berbeda dengan batu sungai biasa,” katanya.
Dijelaskan Marwoto, munculnya kabar adanya peninggalan candi di desanya memang membuat beberapa pihak mendatangi lokasi. Salah satu pernyataan yang menonjol adalah ungkapan dari Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja Harsoyo yang kebetulan mahasiswanya tengah KKN di Purworejo.
”Memang tadi pagi (kemarin, Red) rektor UII ke lokasi dan memperkirakan jika melihat susunan batu yang ada merupakan candi. Namun memang masih butuh penelitian lebih lanjut,” tambahnya.
Dari penglihatan telanjang, lanjut Marwoto menirukan ungkapan rektor, andaikan benar susunan batu itu adalah candi, dipastikan usianya lebih tua daripada Candi Borobudur. ”Bahkan diperkirakan kalau Bukit Pajangan itu sebagai candi, luasannya lebih besar dari Candi Borobudur,” ungkapnya.
Marwoto menambahkan terkait informasi temuan susunan batu menyerupai candi di Dusun Makamdowo itu, pihaknya telah meminta perangkat desa untuk meningkatkan pengamanan. Karena akan banyak pengunjung yang datang ke lokasi.
”Susunan batunya tidak beraturan dan berbahaya. Lokasinya juga curam, perlu ada pengamanan di lokasi,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (Jateng) Gutomo menyatakan siap menindaklanjuti temuan terduga candi di Pajangan. Hanya, langkah awal yang ditempuh, BPCB lebih dulu akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Purworejo untuk membahas hal tersebut. ”Setidaknya kami akan tinjau dulu untuk mencari gambarannya seperti apa,” ungkapnya.
Jika di bawah areal bekas longsor itu memang potensial candi, bukan tidak mungkin BPCB menerjunkan tim untuk penggalian. Jika perlu bisa dilakukan ekskavasi. Namun, jika di lokasi hanya ada beberapa benda cagar budaya, tindak lanjut cukup ditangani Disbudpar. ”Yang jelas kami siap menindaklanjuti informasi tersebut,” ucap Gutomo.
Terpisah, Kasi Museum Kepurbakalaan dan Nilai Sejarah Tradisional Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Purworejo Eko Riyanto justru menyangsikan jika susunan batu itu adalah candi. Pihaknya mengaku sudah meninjau lokasi dan memang melihat bahwa batu yang ada merupakan bantuan jenis andesit yang biasanya digunakan untuk membuat arca atau candi. ”Dari beberapa pelatihan yang sudah pernah kami jalani, tidak unsur candi di lokasi itu,” kata Eko.
Selain itu, di sekitar lokasi dan radius beberapa kilometer dari Bukit Pajangan juga hingga saat ini belum pernah ditemukan adanya benda-benda purbakala sebagai bahan rujukan adanya peninggalan sejarah. ”Andaikan benar di situ dulunya ada candi, dipastikan ada temuan-temuan benda bersejarah seperti umpah, menhir dan sebagainya sebagai penanda. Tapi, kami belum pernah mendapatkan laporan terkait temuan-temuan itu,” ungkapnya.(Radar Jogja)

Nama

aktual,125,berita,346,gayahidup,6,hukum,35,humor,3,info menarik,110,inspiratif,4,kasus,9,kecantikan,3,keluarga,2,kesehatan,11,khasanah,1,kisah,32,kontroversi,22,kriminal,14,luar negri,1,mistik,9,motivasi,1,movis,1,opini,1,peristiwa,51,politik,137,ponsel,1,psikologi,1,sejarah,12,selebretis,7,sport,1,tips,34,unik,51,
ltr
item
MAPP NEWS: Penemuan Menggemparkan Diduga Sebuah Candi Lebih Tua dan Besar dari Candi Borobudur
Penemuan Menggemparkan Diduga Sebuah Candi Lebih Tua dan Besar dari Candi Borobudur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnfR84l4iwJQPtsfU-tZcaHj-1Sxt7uQsAVPHSp4BPQQOWSh8jEjjISx1zCcKjoNjk5THJFY-XcABarCLWiuvV2VtekxDqI7aDqHC2vti1BKZNJ3_3nho2SYQvkTJJ0GAeSBzHhuExPR1S/s640/14045996_1032250993540236_5933343132022263570_n.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnfR84l4iwJQPtsfU-tZcaHj-1Sxt7uQsAVPHSp4BPQQOWSh8jEjjISx1zCcKjoNjk5THJFY-XcABarCLWiuvV2VtekxDqI7aDqHC2vti1BKZNJ3_3nho2SYQvkTJJ0GAeSBzHhuExPR1S/s72-c/14045996_1032250993540236_5933343132022263570_n.jpg
MAPP NEWS
https://mapnews7.blogspot.com/2016/08/penemuan-menggemparkan-diduga-sebuah.html
https://mapnews7.blogspot.com/
http://mapnews7.blogspot.com/
http://mapnews7.blogspot.com/2016/08/penemuan-menggemparkan-diduga-sebuah.html
true
2443697819229552469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy